Relax di Pantai Nglambor . (Foto: Domminique)
Relax di Pantai Nglambor . (Foto: Domminique)
Relax di Pantai Nglambor . (Foto: Domminique)

Pantai Nglambor – Berendam di air laut memiliki segudang manfaat untuk mendukung kesehatan umat manusia. Berdasar fakta empiris, air laut memang sangat kaya akan kandungan mineral alami yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk mendukung kelangsungan hidup sehat. Banyak masalah kesehatan yang teratasi hanya dengan berendam di air laut. Terutama problem kesehatan yang berhubungan dengan gangguan pada kulit, pembuluh darah, saluran pernafasan dan paru-paru.

Suasana pantai dengan pemandangan ke arah laut yang luas tak terhalang apapun, dapat menjadi stimulan relaksasi terbaik bagi manusia. Dan relaksasi adalah cara paling efektif untuk melepaskan sumbatan-sumbatan emosional atau psikis yang mengganjal di dalam diri. Sehingga merendam diri di pantai memiliki manfaat ganda, membantu meredakan masalah kesehatan fisik maupun psikis.
Tradisi Terapi Air Laut

Terapi menggunakan air laut tercatat pertama kali dilakukan oleh Hippocrates pada abad ke 4 SM. Tokoh yang terkenal sebagai bapak kedokteran modern ini menyebutnya: “thalasso theraphy“. Artinya adalah: terapi yang menggunakan air laut.

Hingga sekarang terapi dengan menggunakan air laut terus dilakukan masyarakat. Bahkan menjadi tradisi di banyak tempat di seluruh dunia. Yang paling tersohor barangkali adalah berendam di Laut Mati (Death Sea) di wilayah Israel dan Yordania. Laut Mati adalah perairan yang paling tinggi kadar garam mineralnya. Sehingga disebut-sebut memiliki efek therapeutic terbaik.
Berendam di Laut Mati, Credit images: allwellness.wordpress.com

Terapi gabungan antara thalassotheraphy dan balneotherapy sangat populer dilakukan di Laut Mati. Yaitu terapi dengan cara mandi di kawasan ini Laut Mati dikombinasikan dengan kondisi udara kering dan suhu tinggi yang konsisten. Konon terapi ini mempu meredakan gangguan sakit rematik.

Contoh lain terapi dengan air laut, tak perlu jauh-jauh dicari hingga ke Yordania. Masyarakat di kota Semarang pun sudah terbiasa melakukannya. Cobalah sekali-kali di hari Minggu pagi anda sempatkan berkunjung ke Pantai Marina. Sejak pagi buta, telah banyak warga Semarang berdatangan ke pantai dengan anak-anak yang rata-rata masih kecil, bahkan juga bayi. Anak-anak diajak berendam atau sekedar dimandikan di pinggir pantai. Mereka sangat meyakini bahwa memandikan anak-anak di pantai sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagi macam gangguan kesehatan yang sedang diderita anak-anak.

Bintang Nglambor Snorkeling

SATU PANTAI BEDA RASA

sumber : mangkoko. com

Berikut Segudang Manfaat Berendam Air Laut

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *